Jumat, 04 November 2011

Robohnya Sore Kami

Sore ini aku dalam perjalanan, sehingga aku memutuskan untuk mencari mushola ketika waktu Ashar hampir tiba. Sebenarnya aku sudah dekat rumah temanku yang kutuju, tapi karena dia belum sampai di rumah, maka aku putuskan untuk menunggu sampai ba'da Ashar.

Mushola tempatku singgah tidak terlalu besar, namun juga tidak bisa dianggap kecil, bangunannya cukup megah dan arsitekturnya juga indah. Pengelola mushola memberi batas antara shof lelaki dan perempuan dengan pembatas rotan, jadi tidak tertutup mutlak.

Sayup kudengar suara Adzan dari speaker masjid di sekitar mushola ini, artinya waktu sholat Ashar telah tiba. Aku sholat dua rokaat sambil menunggu muadzin atau jama'ah lain yang datang, tapi tidak kelihatan juga. Usai sholat aku kembali duduk dan masih menunggu, sampai ada seseorang yang datang, seorang ikhwan, barangkali ini muadzinnya. Dan betul saja, dia melangkah tanpa memperhatikan keberadaanku menuju tempat wudhu.

Dia membuka pintu samping, pintu untuk lewat para ikhwan, dan tiba-tiba dia seperti terkejut, dan berbalik arah, dia mengambil sepedanya dan meninggalkanku dalam termangu.

Aku masih setia menunggunya, hingga sekitar seperempat jam, dan seluruh masjid di sekitar sudah mengumandangkan komat. Aku mulai tidak yakin dia akan kembali, dan aku juga tidak yakin akan ada orang yang datang. Akhirnya kuputuskan untuk sholat sendirian di mushola ini.

Saat perjalanan pulang, aku melihat sosok yang mirip ikhwan tadi, ada di halaman masjid yang jaraknya sekitar satu kilo dari mushola tempatku sholat tadi.

Hehe, aku pengen ketawa sendiri kalo inget kejadian tadi. Baginya, barangkali adalah situasi yang rumit, ketika hanya ada dirinya dan seorang perempuan dalam sebuah mushola. Entahlah, tapi aku kan cuma mau sholat jama'ah!

Ini sungguh sebuah potret betapa sebuah masjid atau mushola seringkali tidak memiliki jama'ah, meski saat pembangunannya didanai oleh jama'ah.
(Ied ide I did)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas apresiasinya, semoga menjadi bahan perbaikan ^^