Rabu, 05 Oktober 2011

Hari Gini Nyontek? Apa Kata Dunia?!!!

Malem ini baru pulang dari Kaligua nganter outbond pelajar Banyumas, hati diliputi perasaan panik luar biasa... pertama cape fisik, kedua cape mental... belum belajar... Aku tahu salahku juga menerapkan SKS (Sistem Kebut Semalem). Harusnya udah dipipil dari kemaren-kemaren... berbuat sebaik mungkin demi mendapat yang terbaik. Intinya kalo pengen baik ya harus ada pengorbanan, waktu untuk ngobrol buat belajar, waktu untuk tidur buat belajar, waktu untuk fesbukan buat belajar... yeah... penyesalan memang selalu ada dibelakang.

Jam 20.00 masih di tengah jalan, masih cari master hand out buat ujian besok... akhirnya ketemu juga fotocopyan yang dimaksud. Ndilalah ketemu beberapa temen yang senasib, malam-malam begini masih cari materi ujian besok. Hufh, kita emang satu kelas tapi nggak saling kenal... Cuma aku inget betul wajah-wajah itu... mau senyum, tapi takut yang disenyumin ga kenal, akhirnya pilih diem.
Iseng-iseng aku simak obrolan mereka. Whats??? cari copyan buat nyontek? Ngapain belajar? Malem ini mau kumpul-kumpul di cafe??? aku masih berharap salah denger... paling juga cuma bercanda...

Malem ini aku membagi waktu seefektif mungkin, hanya tidur 3 jam, sisanya untuk belajar habis-habisan. Tapi diluar rencana, bangun tidur ternyata telingaku entah kenapa sakit luar biasa, mungkin masuk angin, tapi yang jelas rasa sakitnya sampai ke gigi, sampai ke pipi, sampai ke mata... hiks... Alloh... barangkali tadi waktu outbond saya banyak salah... jadi dihukum sakit begini... sedih sekali... dan kembali di luar rencana, ternyata angin kencang datang dari arah selatan, rumahku yang paling mewah, alias mepet sawah, tentu menjadi tameng menahan angin. Beruntung tidak ada yang rusak, rumah tentangga bahkan ada yang atapnya terbang semua. Masih beruntung... walaupun acara belajar menjadi acara menangis... tapi masih optimis, untungnya besok soal pilihan ganda, jadi masih bisa dikira-kira... Soal hasil mah biar Alloh yang atur...

Esok harinya, datang terlambat, ujian sudah dimulai 15 menit lalu, aku sich santai saja... tepatnya berusaha santai, sambil berusaha meyakini apa yang terjadi biar terjadilah... Alloh yang atur...
tanpa melihat kanan kiri soal demi soal kukerjakan dengan mudah, karena tinggal nyilang, menjadi mudah karena tak terlalu penuh pemikiran... (dalam hati tersenyum, sejak kapan aku bisa belajar tawakal alias sendablek ini??? apa gara-gara tauhidku udah beres??? aku kembali tersenyum).

Ternyata waktunya cuma 45 menit. Bagiku mau seribu menit juga nggak ngaruh apa-apa, aku udah selesai dari tadi dan ingin cepat pulang... telingaku udah nggak kuat, badanku udah panas, kayanya kalau pegang gelas airnya bisa mendidih (lebay). Teman teman seruanganku mulai panik, apapun jadilah, mereka saling tanya, bahkan ada yang berusaha bertukar lembar jawab, aku meringis menahan sakit di hati tega-teganya mereka berbuat begitu??? tapi biarkan saja... tidak akan berkah! Aku yakin 1 juta%!

Keesokan harinya, di mata kuliah yang berbeda...
Aku berkesempatan duduk di bangku paling belakang, jadi aku bisa melihat seluruh aktivitas mahasiswa yang ada di depanku... aku terkaget-kaget luar biasa, mereka (hampir seluruh mahasiswa dikelasku) bawa handoutnya kedalam, ditaruh diatas meja, dibuka saat mengerjakan soal, apa ini open book? Dalam hati aku bertanya pilu...
tenang-tenang saja..., para pengawas juga pura-pura tidak melihat, mereka terus mengerjakan soal demi soal, aku tahu betul semua jawabannya ada di handout, tapi apa daya... sudah terlanjur janji pada diri sendiri, lebih baik dapat nilai baik karena jujur, daripada dapet nilai baik karena nyontek!!!

Pelajarnya tawuran, mahasiswanya nyontek, pejabatnya korupsi, legislatifnya main proyek, penegak hukumnya terima sogokan, kiyainya terima fatwa pesanan...

Bukankah dunia itu sebentar dan sedikit saja??? Fa aina tadzhabuun... (Ied ide I did)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas apresiasinya, semoga menjadi bahan perbaikan ^^